Friday 29 March 2013

Pencerah Mata Hati, Kitab Penuntun Penyempurna Iman (Khotbah-Khotbah Sang Mursyid di amerika)-Syekh Muzaffer Ozak-2006


            Ketika seorang perdana menteri menjadi seorang ayah, ia membawa bayi perempuannnya kepada sultan. Sang sultan mendekap bayi itu dipangkuannya. Tiba-tiba pangkuan sultan itu basah. Ia menyerahkan keembali ke ayahnya, dan berkata dengan nada menggoda, “lihatlah apa yang telah dilaukan oleh puterimu! Sekarang sya harus berganti pakaian.” Sang sultan memafkan bayi yang telah mengompol dipangkuannya itu, tetapi jika hal itu dilakukan oleh sang perdana menteri tersebut, sang Sultan tentu saja akan memenggal kepala pria itu. Kita bagaikan bayi yang duduk dipangkuan tuhan. Kapan pun kita berbuat dosa dan kesalahan, hal tersebut bagaikan membasahi pangkuan Tuhan, dan tuhan terus menerus mengampuni kita namun, setelah kita dewasa, maka kita harus berjuang semampu kita untuk menghindari dosa dan penyeleweng.
            Itulah sepenggal tamsil dan petuah tentang salah satu tujuan buku yang berjudul asli "Irsyad" yaitu menuntun untuk menumbuhkan kedewasaan spiritual. Di dalam buku ini terdiri atas 14 khotbah, antara lain:
  1. Al-Asma Al-Husna
  2. Nabi Kekasih Allah
  3. Iman Yang Sempurna
  4. “…Rahmat Bagi Alam Semesta”
  5. Kewajiban-Kewajiban Anak
  6. Terhindar Dari Siksaan Neraka
  7. Membuka Pintu-Pintu Surga
  8. Salawat Kepada Nabi Muhammad
  9. Rahasia-Rahasia Shalat
  10. Kewajiban-Kewajiban Orang Tua
  11. Menyembelih Hewan Kurban
  12. Bulan Suci Ramadhan
  13. Sabar Dan Menahan Hawa Nafsu
  14. Meraih Ampunan Allah
           
          Buku ini merupakan terjemahan dari khotbah-khotbah sang mursyid dengan diawali sekapur sirih dan mengenal lebih dekat pribadi sang mursyi mulai dari arti nama beliau dalam peta tradisi sufi serta karya-karyanya. Pada susunannya terlebih dahulu memberikan pengertian dan penjelasan khotbah yang disampaikan berdasarkan judul kemudian diiringi kisah-kisah Rasulullah, sahabat, dan salaful shaleh sebagai gamabaran untuk memahami tiap materinya.

2 comments:

Anonymous said...

nama saya reza

dimana saya bisa mendapatkan buku ini? saya sudah mencari kemana-mana, di penerbitnya serambi stock kosong

Unknown said...

Saya membelinya ketika ada bazar khusus buku Islami di Palembang yang distributornya dari Jawa. Memang bukunya sudah tidak banyak.

Post a Comment

 
;