Wednesday 20 March 2013

Anak Sejuta Bintang-Akmal Nasery Basral-2012

            Secara garis besar menceritakan kisah kehidupan Abu Rizal Bakrie semasa kecil hingga kelas 6 SD. Jangan samakan cerita ini dengan negeri 5 menara atau lascar pelangi yang memiliki kemiripan genre yaitu pengalaman semasa kecil seseorang yang dapat dijadikan inspirasi. Bagaimana suansana pertemanan dengan anak-anak kalangan penjabat atau orang-orang yang ber-ada. ARB bersekolah di Perwari yang disebut sebagai sekolah istimewa bagi anak-anak yang dalam bahas Belanda van huis uit rijk-sudah dari sononya kaya, dapat dilist dari teman-teman TK hingga SD ARB ini antara lain:
  1. Ingga, putra direktur BNI Mr. Abdul Karim, yang dikenal sebagai pengawal jalannya PDRI (Pemerintahan Darurat RI).
  2. Maher, putra Hamid Algadrie, tokoh PSI yang juga dikenal sebagai pendiri Partai Arab-Indonesia.
  3. Adian, anak tunggal Borail HArapan yang terkenal sebagai salah seorang pelaku pemberontakan awak kapal Indonesia terhadap atasan mereka berkebangsaaan Belanda di atas kapal perang De Zeven Provincien.
  4. Lukman, putra Hasan Sutan Modo, Solok Sumatera Barat, pada masa-masa sebelum kemerdekaan pernah menjadi wakil kepala penjara cipinang yang pada saat itu merupakan posisi tertinggi yang dapat dicapai pribumi, karena jabatan itu selalu menjadi hak ornag Belanda.
  5. Meutia, Gemala, Halida adalah putrid Wakil Presiden RI, Bung Hatta
  6. Aisyah, Salvyah, dan Chalid Prawiranegara merupakan anak-anak Mr. Sjafruddin Prawiranegara yang saat itu menjabat Presiden De Javasche Bank kemudian benjadi Bank Indonesia.
  7. Mr. Lukman Wiriadinata yang menjadi Menteri Kehakiman di Kabinet Wilopo
  8. Hendarmo Hendarmin, anak Prof. DR. Hendarmin.
  9. Damiyanti Rooseno, putrid Prof. Dr. Ir. Rooseno menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga, kemudian menjabat sebagai Menteri Perhubungan.
  10. Zulkarnain Hazairin, putra dari Prof. Dr. Hazairin mantan Menteri Dalam Negeri dan diakui sebagai pakar Hukum Adat dan Hukum Islam.
            Adanya kekurangan dalam penulisan buku ini, dari segi petualangan hidup memang kurang gereget, mengingat yang yang menjadi penulis bukan orangnya sendiri (ARB maksudnya), seperti cerita Laskar Pelangi dan Negeri 5 Menara yang dapat mengajak kita untuk merasakan secara langsung nuansa dikejadian tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
;