Friday 29 March 2013

Lebih Dari Sekedar PD, Panduan Buat Remaja Keren-Gina Al Ilmi&Ilna Learning Center-2006


          Seri integrity building. Sebagai penuntun bagi remaja yang sedang mencari jati diri. Karena kurangnya pengetahuan, para remaja berusaha membentuk pribadi dengan cara meniru idola-idola selebritis dengan menirukan gaya berpakaiannya, tanpa disadari bahwa itu semu semata. Padahal citra diri bukan sekadar tampilan namun pribadi yang kuat (integritas) yang membuat seseorang lebih dikenal dan disukai. Percuma saja bila tampilan baku tapi elakuan buruk, atau berpenampilan tidak sesuai dengan situasi dan kondisi.
          Buku ini mengupas self strength (kekuatan individu), dengan prinsip-prinsip keimanan, yakni keimanan yang diperoleh dengan intelektualitas, dengan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh. Integritas membagun kemampuan diri agar dapat berguna untuk agama, bangsa, dan negara.
          Integritas adalah jiwa yang kuat yang kita miliki, dan menghasilkan kekuatan individual untuk untuk menjalani hidup. Inegritas adalah bayangan proyektor kepribadian yang memberkas dalam bayangan kehidupan kita. Integritas ini bersifat unik dan menarik, khas seorang individu. Yang terbentuk dari pegalaman hidup yang penuh kejujuran.
          Menurut Stephen R. Covey, integritas adalah nilai yang kita buat pada diri sendiri. Kehormatan pada diri kita sendiri. Suatu bagian fundamental dari etika karakter, iti dari pertumbuhan prilaku proaktif dalam diri kita. Inegeritas membuat percaya diri tumbuh.
          Berpendirian, punya prinsip itulah integritas. Memiliki standar perilaku (kualitas pribadi) dan tujuan hidup yang jelas yaitu dengan memiliki idelisme yang tinggi dan memperjuangkannya dengan kerja keras dan usaha yang cerdas sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang bijak dan penuh tanggung jawab.
          Kita membutuhkan rukun iman untuk membentuk inegritas dan menjaga pelaksanaanya untuk kokoh, berharga, dan bernilai.mengapa demikian? Berikut kesimpulan dari  rukun iman sehingga dapat membentuk integritas kita.
  1. Iman Kepada Allah, membuat kita berhati-hati dalam melakukan apapun karena kita yakin Allah selalu bersama kita dan selalu mengawasi. dengan keimanan membuat sifat-sifat dasar berkembang menjadi sifat-sifat baik.
  2. Iman Kepada Malaikat, membuat kita ingat selalu kepada Allah. karena penjagaan malaikat setiap saat.
  3. Iman Kepada Rasul, meneladani Rasul dalam menyelesaikan masalah dan bersikap
  4. Iman Kepada Kitab, mengetahui kebenaran dan menjalankan kehidupan berdasar pendoman serta petunjuk dari Allah melalui kitabnya.
  5. Iman Kepada Hari Kiamat, agar kita mengetahui hakikat tujuan hidupkita di dunia adalah sebagai bekal untuk hidup di akhirat dengan berbuat baik dan tampil sebagai pribadi yang bermanfaat.
  6. Iman Kepada Qadha dan Qadar, dengan memahaminya secara tepat akan membantukita bersikap positif dalam hidup, memotivasi dalam beribadah dan bekerja keras.

0 comments:

Post a Comment

 
;