Perkenalan Rahasia
Peralatan
: Kain yang lebar (sprei)
Jumlah
pemain : semua pemain masuk dalam regu
Waktu :
10 menit
Tujuan :
Saling mengenal nama
Peserta dibagi dalam 2 kelompok.
Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi diantara kedua regu itu dibentangkan
kain yang lebar, sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat.
Permainannya ialah : setiap regu
menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain tetapi juga ditebak.
Wakil kedua kelompok berlutut berhadapan. Agar supaya lebih seru para pemain
ini boleh saling memperlihatkan kaki atau sepatu. Pemimpin menghitung sampai 3
dan pada hitungan ketiga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil itu harus
adu cepat untuk menebak siapa wakil lawannya.Wakil regu yang cepat menebak
dengan tepat, mendapatkan angka untuk regunya.
Mencari Dengan Diam
Peralatan : Perangko Jumlah
pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah
pemain dan kemampuan mengobservasi
Tujuan :
1. Melatih kemampuan mengobservasi
2. Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu
tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya :
Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya,
mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu
memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling
akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di
luar ruangan).
Kutahu yang Kumau
1. Peserta dipersilahkan mencari
pasangan masing-masing
2. Dipersilahkan berkenalan sedekat
mungkin
3. Kemudian pasangan-pasangan tersebut
dipisahkan
4. Secara acak akan dipanggil nama salah
seorang pesertaan saat dipanggil, bersama pasangannya harus maju ke depan
audience
5. Audience duduk dalam lingkaran (lebih
pas, saat api unggun)
6. Peserta yang maju secara bergantian
memperkenalkan tentang dirinya dengan cara melakukan gaya tentang dirinya dan harus ditebak oleh
pasangannya. Ciri yang ditebak cukup 5 saja.
7. Setelah selesai,silahkan pasangan
tersebut menunjuk pasangan yang lain
8.
Lima pasangan yang paling lama akan
mendapat hukuman
Tujuan:
- mengetahui tingkat kedekatan antar peserta
- meningkatkan kemampuan komunikasi non-verbal yang begitu bermanfaat
*catatan:games ini pernah saya
lakukan dengan seluruh peserta yang sudah sangat dekat satu sama lain
0 comments:
Post a Comment