Wednesday, 23 January 2013

Game Ukhuwah


Perkenalan Rahasia
Peralatan          : Kain yang lebar (sprei)
Jumlah pemain : semua pemain masuk dalam regu
Waktu               : 10 menit
Tujuan              : Saling mengenal nama
                Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi diantara kedua regu itu dibentangkan kain yang lebar, sehingga kedua regu tidak dapat saling melihat.
                  Permainannya ialah : setiap regu menentukan wakilnya untuk menebak wakil kelompok lain tetapi juga ditebak. Wakil kedua kelompok berlutut berhadapan. Agar supaya lebih seru para pemain ini boleh saling memperlihatkan kaki atau sepatu. Pemimpin menghitung sampai 3 dan pada hitungan ketiga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil itu harus adu cepat untuk menebak siapa wakil lawannya.Wakil regu yang cepat menebak dengan tepat, mendapatkan angka untuk regunya.

Mencari Dengan Diam
Peralatan : Perangko Jumlah
pemain    : berapa saja
Waktu     : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan mengobservasi
Tujuan    :
1.       Melatih kemampuan mengobservasi
2.       Memupuk inisiatif

          Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).

Kutahu yang Kumau
1.       Peserta dipersilahkan mencari pasangan masing-masing
2.       Dipersilahkan berkenalan sedekat mungkin
3.       Kemudian pasangan-pasangan tersebut dipisahkan
4.    Secara acak akan dipanggil nama salah seorang pesertaan saat dipanggil, bersama pasangannya harus maju ke depan audience
5.      Audience duduk dalam lingkaran (lebih pas, saat api unggun)
6.      Peserta yang maju secara bergantian memperkenalkan tentang dirinya dengan cara melakukan gaya tentang dirinya dan harus ditebak oleh pasangannya. Ciri yang ditebak cukup 5 saja.
7.       Setelah selesai,silahkan pasangan tersebut menunjuk pasangan yang lain
8.       Lima pasangan yang paling lama akan mendapat hukuman
Tujuan:
  1. mengetahui tingkat kedekatan antar peserta
  2. meningkatkan kemampuan komunikasi non-verbal yang begitu bermanfaat
*catatan:games ini pernah saya lakukan dengan seluruh peserta yang sudah sangat dekat satu sama lain

0 comments:

Post a Comment

 
;