Sunday 27 January 2013

KETIKA MAS GAGAH PERGI DAN KEMBALI-ASMA NADIA-2011



Merupakan kumpulan cerpen yang dihimpun dalam satu buku yang terdiri atas:
Ketika mas gagah pergi: bercerita bagaimana seorang  kakak, 'Mas Gagah' yang berubah setelah mendapatkan hidayah dengan segala kegiatan aktifitas masjidnya. Namun sang kakak pergi meninggal dunia karena ditikam. Tak sampai disana ketika sang kakak tak ada dan memasuki dunia kampus, sedikit demi sedikit Gita ikut menekuni kegaiatan sang kakak terdahulu. Walau dilanda rindu mendalam, dalam perjalanan ia menemukan kembali sosok mas gagah pada orang lain yang memiliki kepribadian yang persis.
Selamanya cinta: bercerita mengenai kesedihan orang tua yang harus ditinggalkan anak kandungnya di panti jompo karena alasan ekonomi.namun beruntung ia memilii anak angkat yang sangat mencintainya hingga rela walau tak mampu tetap mengusahakan diri menjenguk ibundanya, hingga tiba pada lulus sekolah ia diterima untuk bekerja dip anti tersebut, yang dia inginkan ialah bersama ibu.
Jalinan kasih dari gerbong kereta api: perjuangan anak-anak yang tidak beruntung dalam menikmati pendidikan, bagaimana perjuangan belajar, tantangan, hingga penggusuran.
Diari Adelia di Salsabila: seorang Adelia karena kesalahan bergaul dengan barang bernama 'ekstasi' membawanya dikirim ke Pesantern Putri Salsabila, menceritakan pengalaman di dalam pesantren yang ia benci hingga Adelia menemukan hidayah.
Rumondang: seorang mualaf yang berusaha tegar di jalan-Nya, kisah ukhuwah.
Rapsodi September: bagaimana Eron yang ditinggal pacarnya karena kakak-kakanya yang menyebabkan sang pacar minta putus darinya.
Lelaki berhati cahaya: keelokan jasad yang selama ini diukur oleh mansyarakat hingga berburuk sangka, padahal pria ini memiliki jiwa yang terang dan maksud yang tulus. Bersyukurlah atas nikmat-Nya.
Diari Saliha: seorang anak bernama Saliha yang berjuang hidup mempertahankan rumah yang akan digusur, membutuhkan uluran tangan dari saudara seiman dengan kondisi yang terkena musibah,menanti dan tetap berbaik sangka. Dalam cerita ini menggambarkan rasa bingung dan rindu hadirnya teman dan saudara untuk mengusir rasa gelisah di hati.
Titian pelangi: ukhuwah antara Evi dan Ita dalam segala kondisi.
Selagi ada kesempatan: seorang pelajar Aliyah, bernama Vidi. Ini kisah perjalanan panjang mendapatkah hidayah untuk mengenakan jilbab berawal dari kejadian meninnggalnya sang teman karib karena diperkosa, disusul dengan meninggalnya Fatimah teman sebangkunya yang salih karena penyakit. Menyadari bahwa tiada yang tahu nyawa di esok hari, maka bergegaslah untuk bertaubat
Mami: kisah anak keturunan tionghoa yang bosan dengan hidup dalam kecerewetan mami yang memperlakukanya layaknya anak kecil berumur satu tahun. Ketikan mami sakit bukan bebas yang didapat namun kehilangan.
Pattimura: Said dan Pattimura dari kisah nyata kerusuhan ambon 2001
Antara yudi dan tia: kisah tetangga kos bernama Yudi yang tidak bersahabat dan sering menggagu kenyamanan warga sekitar.
Jilbab pendekar: adalah Neneng berusia 17 tahun yang pandai karete bersabuk hitam berhasil menggagalkan perampokan penumpang angkot yang ia naiki hingga merubahnya bak artis yang terkenal.
Ketika cinta menemukanmu: kisah gadis berumur 12 tahun yang menjadi korban tsunami yang kehilangan keluarga dan sangat membutuhkan kasih sayang. Bagaimana agar kita dapat berempati dengan kondisi saudara kita.

0 comments:

Post a Comment

 
;