Thursday 27 June 2013

Origami: Boneka Jepang (Washi Japan doll)

3 dimensi
2 dimensi

          Origami adalah seni melipat kertas yang akan membentuk wujud benda, merupakan seni yang berasal dari Jepang. Dalam perkembangannya sedah ada berbagai macam bentuk lipatan kertass yang dapat dibuat, flora, fauna, dan manusia, bahkan tidak hanya 1 dimensi (hanya dapat dinikmati dari satu sudut pandang saja/dari arah depan) namun juga bisa dibuat 3 dimensi (dapat dilihat dari segala arah).
         Kertas Origami banyak dijual di Indonesia, biasanya motifnya polos dari kertas asturo atau kertas manggis yang sudah dipotong dengan ukuran normal origami dan terdiri banyak warna dalam tiap kemasannya. Ternyata ada kertas khusus origami yang bermotif dan bertekstur (kayak timbul) namanya adalah kertas Wasyi (itu yang saya tahu dan masih banyak lagi jenisnya). Harganya dengan satu lembar ukuran A4 saja kisarannya bisa IDR 15.000, semakin bermotif dan cantik maka semakin mahal harganya. Kertas ini asli made in Japan.
              Di Indonesia, kita punya Fajar Ismayanti atau nama penanya Maya Hirai, boleh dikatakan sebagai Master Origami yang telah bersertifikat Nippon Origami Association (NOA), organisasi origami tertua di Jepang. Dia adalah satu-satunya instruktur bersertifikat NOA di Indonesia.
             Saat ini saya sedang suka-sukanya membuat boneka Jepang, mudah saja membuatnya dan untuk berbagai macam model bisa cari di internet tutorialnya. Ingin membuat boneka Jepang versi Muslimah, tapi tidak ketemu tutorialnya, mungkin belum ada yang buat =( .  Dengan sangat terpaksa saya bereksperimen agar dapat membuat boneka Jepang versi Muslimah, berfikir bagaimana membuat jilbabnya yang indah, syar'i, dan masih nuansa Jepang.

tada! hasil eksperimen

4 comments:

sushi said...

dijual mbak bonekanya?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
adralia said...

Mbak, boleh minta infonya dimana tempat jual kertas washi 15rb seukuran A4? Thanks sebelumnya ya...

adralia@gmail.com

Unknown said...

saya hanya searching lihat harga kertasnya, sejauh ini yang dekat dengan sumsel ada orang bangka yang jual kertas wahsi impor dari Jepang. Di Palembang, sudah keliling 'Pasar 16 Ilir' tidak ada

Post a Comment

 
;