Sunday 16 June 2013

Pesona Masjid: Edisi Masjid Gamais


menara masjid yang berdekatan dengan perpustakaan, dilihat dari tempat penitipan sandal muslimah
            Aku terpesona dengan Masjid. Ketika berkunjung ke ITB dalam rangka IMSS 2012 FSLDKN XI, memasuki masjid gamais yang terletak di depan ITB dan bersampingan dengan lapangan ganesha. Belum pernah merasakan atau lebih tepatnya ini pengalaman pertama merasakan pelayanan masjid yang begitu terorganisir dan rapi. Kita akan dimanjakan dengan sambutan hangat segelas teh/kopi gratis. Penitipan sandal/ perapian sandal yang berserakan, msjid yang bersih. Bahkan tempat peminjaman mukenah yang bersih dan terawat. Di samping halaman beberapa meter terdapat perpustakaan. Tempat wudhu yang nyaman, bersih, plus dingin (memnag bandung tempat yang dingin). Rasangya ingin berlama-lama di sana. Sangat betah. Di belakang masjid akan dijumpai bangunan berlantai 4 di lantai pertama akan ditemui kantin, koperasi ganesa, dan kantor amal zakkat. Dan di lantai lainnya ada genung dengan bebrbagai ukuran yang dapat dipakai untuk berbagai acara, seminar, pelatihan, dll. Tetpa mampu beraktifitas, namun mampun shalat berjamaah di masjid ini tempat rekomendasi bila ingin mengadakan kegiatan kampus.


Gedung Serbaguna Gamais dari taman Ganesha

tempat penitipan sandal muslimah
tempat peminjaman mukenah
            Bila di daerah asalku, di masjid agung Palembang, aku belum menemukan hal serupa. Penitipan sandal pun bayar. Memang tempatnya dekat dengan pasar. Tempat hiruk-pikuk  atau jantung perekonomian sumsel. Atau di masjid saja, tempat wudhu yang tak menentramkan muslimah. Bahkan tempat wudhu muslimah terbuka dan parahnya ada juga yang disatukan dengan tempat wudhu laki-laki. Ironis. Bila akan melakukan renovasi selalu saja ada proposal yang datang, atau tiap hari raya infak masjid rasanya hanya terpakai untuk renovasi, tidak ada kegiatan lain/proker pemanfaatan infak tersebut. Sebenarnya bagaimana masjid yang ideal itu. Membaca dari buku karya Salim A.Fillah yang menceritakan Masjid Jogokariyan yang dapat dijadikan acauan bagaimana cara pemeberdayaan masjid. Agar menjadi masjid berfungsi semestinya dan bukan menjadi beban. 
              unutk mengetahui bagaiman masjid itu berfungsi ideal dapat dibaca Masjid Jogokariyan (Bagaimana Masjid Berfungsi Dengan Sebenarnya)

       



0 comments:

Post a Comment

 
;