Friday 28 June 2013

Perkenalkan: Namaku (in Japan)

       Nama adalah ciri atau tanda, maksudnya adalah orang yang diberi nama dapat mengenal dirinya atau dikenal oleh orang lain. Dalam Al-Qur’anul Kariim disebutkan;
يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيًّا (7) سورة مريم
        “Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia” (QS. Maryam: 7).
       Dan hakikat pemberian nama kepada anak adalah agar ia dikenal serta memuliakannya. Oleh sebab itu para ulama bersepakat akan wajibnya memberi nama kapada anak laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu apabila seseorang tidak diberi nama, maka ia akan menjadi seorang yang majhul (tidak dikenal) oleh masyarakat.
           Tuh, simak penjelasan di atas. Nama adalah hal terpenting bagi manusia, agar mudah dikenal. Terlalu merepotkan bila tidak memiliki nama, coba simak adegan berikut:
A: permisi, rumah si fulan di mana?
B: fulan siapa?
A: itu, yang badannya agak besar, alisnya tebal, dan hidungnya mancung
B: wah ada banyak yang begitu, bisa spesifik?
A: hm... tinggi kira-kira 170cm, berat 120 kg
B: maaf, terlalu spesifik, mana saya tahu ukuran orang tersebut, maksudnya    ciri khasnya
A: itu lho si fulan yang ada panu di pundaknya...
B: ...(toeng....bingung)                

       Namaku vidya,  banyak yang mengartikan namaku ini dari bahasa arab (fidya), jika masuk bulan puasa namaku sering sekali disebut. Ternyata menurut pengakuan orang tuaku, nama vidya berasal dari bahasa sansekerta. Kalau diingat-ingat pantas saja tiap kali masuk ke open chat di YM, yang menyapa selalu orang-orang india, karena nama vidya adalah nama umum yang dimiliki anak perempuan india (coba ingat-ingat film bollywood,ck...ck...ck...)
        Sebagai pengagum kearifan budaya Jepang, sangat penasaran dalam bahasa Jepang akan seperti apa namaku. Menggunakan Google terjemahan sangat merepotkan, Dengan "Generator Nama Jepang" Generator ini akan merubah Nama Asli kita menjadi Nama Jepang kita, keren kan?! Tinggal pilih gender dan masukan nama kita, klik tombol penerjemahnya dalam waktu kurang dari 30dtk Nama Jepang kita sudah jadi!! Bagi sobat yang ingin mencoba silahkan pilih, anda ingin Nama Julukan atau Nama Resmi, tapi inget harus nama lengkap! Kalo hanya nama depan artinya bisa meleset!! Selamat Mencoba =)
setelah mencoba, inilah hasilnya:
panggilan: Miya Nishimuraya (ミヤ西村屋)
nama resmi: 川添 Kawazoe (riverside) 美晴 Miharu (beautiful clear sky)

0 comments:

Post a Comment

 
;