Sunday 14 July 2013

Keutamaan Bulan Ramadhan


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
(QS.Al-Baqarah :183)

Alhamdulillah bertemu lagi dengan Ramadhan, diberikan kesempatan pada edisi 1434H. Kita semua tahu Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial. Btw apa saja yang membuat Ramadhan itu menjadi bulan yang sangat iiisssssssstimewaaaa. Kita simak keutamaan bulan Ramadhan dalam singkatan P.U.A.S.A.
 
P adalah Puasa, tak sekedar menahan lapar dan dahaga. yaitu selalu memperbarui niat dalam setiap aktifitas dan menjauhi perbuatan yang sia-sia. artinya kudu produktif.
Dari Abdullah bin Umar RA. bahwa Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Puasa dan Al Qur'an memberi syafaat kepada hamba Allah pada hari kiamat. Puasa berkata, 'Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya makan minum dan memenuhi syahwatnya pada siang hari, maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya.' Dan Al Qur'an pun berkata, 'Aku telah menghalanginya tidur pada malam hari, maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya.' Lalu syafaat keduanya diterima Allah."( H.R Ahmad)

U adalah Ukhuwah, yaitu mempererat ukhuwah untuk mencari ridha Allah dengan cara turut merasakan suka dan duka saudara yang tidak beruntung dalam hidupnya serta memenuhi hak-hak ukhuwah, antara lain: Menjaga lisan dengan tidak membeberkan aib saudaranya baik se­pengetahuan maupun tanpa sepengetahuannya, tidak membongkar seluruh rahasianya, dan tidak berusaha mengetahui rahasia-rahasia diri saudaranya. Memberi sesuatu yang dicintai saudaranya dari lisannya dengan memanggilnya dengan nama yang paling ia sukai. Memaafkan kesalahannya dan memegang janji, serta mendoakan kebaikan baginya.

A adalah Al-Qur’an. Ramadhan merupakan bulan Al-Qur'an, dimana Al-Qur'an turun pertama kali pada 17 Ramadhan (Nuzul Qur'an). Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar memperbaiki bacaan, mentadaburi, dan memperbanyak tilawah, serta mengamalkannya. 
“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

S adalah Sedekah, yaitu dapat dilakukan dengan cara materi non materi. Bingung ya??? Bersedekah dengan cara materi dapat berupa uang dan barang. Sedangkan dengan non materi diantaranya dapat berupa senyum ikhlas, shalat dhuha,dll.
Tiap muslim wajib bersodaqoh. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersodaqoh.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sodaqoh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

A adalah Ampunan, Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, tak sekedar dosa-dosa kecil juga tak hanya dosa 1 bulan lalu yang terampuni. Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosa yang lalu. Di bulan Ramadhan ada satu malam istimewa bagi hamba-Nya yang teristimewa yang akan mendapatkan hadiah Malam Lailatul Qadar. Perbanyaklah beribadah dan berdoa demi meraih ampunan-Nya dan semoga kita menjadi pribadi yang bersih di saat Idul Fitri nanti.
Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan nescaya akan diampuninya segala dosanya yang telah lalu." (HR. Imam Nasa'i, Ibn Majah, Ibn Hibban dan Baihaqi)

Wallahu'alam

Tulisan ini berdasarkan ilmu yang di dapat pada Kuliah Dhuha yang disampaikan oleh Ust. Iqbal Romzie pada 5 Ramadhan 1434H

Alhamdulillah artikel ini bisa ikutan Award Artikel Ramadhan 1434H pada Komik Musllimah. =)

0 comments:

Post a Comment

 
;