Thursday, 14 February 2013

Games Mencairkan Suansana


SALAM CERIA*

1.       Peserta mencari pasangan untuk saling bersalaman sembari bernyanyi dan bergaya (menyanyi bersama dengan komando trainer)
2.       Gayanya (dilakukan oleh dua orang tersebut): saling salam
saling tepuk tangan kanan dan tangan kiri goyang pinggul kanan,goyang pinggul kiri kedip-kedip mata
berputar cari orang lain untuk bersalaman
3.       Lagunya
“halo…halo…halo…apa kabar kawan… tepuk kanan…tepuk kiri…gembira bersama… goyang kanan…goyang kiri… kedip-kedip mata… putar-putar…putar-putar…cari yang lain…” Lagu dinyanyikan semakin lama semakin cepat
Tujuan:
mencairkan suasana antar peserta membuat peserta lebih terbuka satu sama lain berbagi energi positif keceriaan
*catatan:nada lagu dibawakan dengan riang gembira (adapted from lagu anak TK)

 

RUJAK BUAH

(kecepatan / tanggap, penyegaran suasana)
Tujuan:
1.       memberikan suasana segar untuk seluruh peserta
2.       memberikan pengalaman akan kepekaan terhadap informasi
Waktu: 10 menit
Proses :
bentuk posisi peserta dalam lingkaran dengan jumlah kursi sejumlah peserta dikurangi satu. minta peserta untuk menyebut tiga atau empat nama buah yang  mereka kenal, lalu minta mereka menyebut secara berurutan dengan nama buah yang berlainan. Demikian seterusnya hingga semua mendapat nama buahnya. seorang komando di tengah menyebut salah satu atau dua nama buah, bagi yang merasa nama buahnya disebut harus saling berpindah, termasuk pemberi komando. Bagi yang tidak mendapatkan kursi (karena digantikan pengomando,  ia menggantikan perannya. demikian seterusnya, hingga suasana terasa cair minta tanggapan peserta atas permainan ini (bila perlu).

TANGKAP KUCING

Seluruh peserta dikelompokkan dalam lingkaran.Dua jari telunjuk tangan kanan dan kiri peserta diminta untuk diposisikan di depan bahu. Tugas peserta, setiap trainer menyebutkan kata “kucing” maka tangan kanan harus menangkap telunjuk teman yang di sebelah kanannya dan tangan kiri berusaha menghindar dari tangkapan teman di sebelah kirinya Dibawakan dengan cerita,misal: “Suatu hari…tono dan tini ingin berwisata di hari minggu.mereka ingin berjalan2 ke kebun binatang.saat keluar dari rumah…mereka melihat seekor hewan yang bersuara…meeoong…(peserta tertipu) hewan tersebut punya beberapa anak.ada 6 anaknya,jadi kita sebut ada 6 ekor anak kucing (saat ini peserta melakukan tugas tangan nya).lalu setelah sampai kebun binatang mereka melihat ada panda,ku..da,ku..ra-kura dan banyak lagi.bahkan tikus yang berkejaran dengan kucing pun ada (mulai ramai lagi pesertanya)…dan seterusnya
Tujuan :
1.       Menyegarkan suasana
2.       Fokus
3.       Kebebasan memilih untuk berkonsentrasi(menangkap atau menghindar)
4.       Bebas menyelesaikan tugas menangkap dulu atau menghindar dulu (tidak perlu keduanya)




0 comments:

Post a Comment

 
;