Thursday 31 July 2014

10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

          Dalam arriyadh annadhirah fi manaqibil syarah dari sahabat Abu dzarr Ra, bahwa Rasulullah saw masuk ke rumah Aisyah dan bersabda:
“Wahai, Aisayh inginkah engkau mendengar kabar gembira?” Aisyah menjawab, tentu, ya Rasulullah.” Lalu baginda Nabi saw bersabda:”ada sepuluh orang mendapat kabar gembira masuk surga, yaitu: (1) ayahmu masuk surga dan kawanya adalah Ibrahim; (2) Umar masuk surga dan kawanya adalah Nuh; (3) Utsman masuk surga dan kawannya adalah aku; (4) Ali masuk surga dan kawanya adalah Yahya bin zakaria; (5) Thahah masuk surga dan kawanya adalah daud; (6) Azzubair masuk surga dan kawanya adalah Ismail; (7) Sa’ad bin Abi Waqqash masuk surga dan kawanya adalah Sulaiman; (8) Said bin zaid masuk surga dan kawanya adalah Musa bin Imran; (9) Abdurrahman bi Auf masuk surga dan kawanya adalah Isa bin Maryam; (10) Abu Ubaidah Ibnul Jarrah masuk surga dan kawanya adalah Idris As.”


            Ke sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga adalah pribadi dengan keunikannya memiliki kualitas keimanan yang tak diragukan lagi. Meraka adalah pribadi yang sangat dirindukan yang telah terbiasa dengan perbedaan dalam bingkai ukhuwah. Saling meneguk ilmu yang dimiliki tiap pribadi, haus kan ilmu hingga belajar adalah kebutuhan hidup. Selalu berlomba-lomba dalam kebaikan hingga rela memata-matai sahabat bila mendapat pujian dari Rasulullah Saw. lantaran iri dengan amalan ibadah apa yang membuat sang sahabat medapatkan pujian tersebut.

Dalam buku ini dibagi atas periode:
I. periode masih dihayatinya jiwa kenabian yaitu adanya
  1. Abubakar bin Abi Qohafah (Assiddiq) dan
  2. Umar Ibnul Khattab (Al Faruq)
II. Jaman Baru-enam orang tersisa yang masih hidup sesudah wafatnya Umar ta. dan yang diridhai Rasulullah Saw. ketika beliau Wafat diantaranya:
  1. Utsman Ibnu Affan Dzunnurain
  2. Ali bin Abi Thalib, remaja pertama yang masuk Islam
  3. Thalhah Bin Ubaidilah, syahid yang masih hidup
  4. Azzubair Ibnul Awwam, pengikut setia Rasulullah Saw.
  5. Abdurrahman Bin Auf, Pedagang besar yang sukses
  6. Sa'ad Bin Abi Waqqash, orang pertama yang terkena panah fisabilillah
III. Said bin Zaid, salah seorang yangdicintai Allah, orang ke sembilan yang mendapat kabar gembira
Abu Ubaidah Ibnul Jarrah, pemegang amanat umat dan amanat Rasulullah Saw.




0 comments:

Post a Comment

 
;