Tuesday 24 June 2014

OTFA Sekolah Alam Indonesia Bukit Siguntang


          Out Tracking Fun Advanture (OTFA) merupakan kegiatan akbar tahunan bagi siswa SD Alam Indonesia. Semua siswa SD dari kelas 1-5 mengikuti kegiatan ini, deskripsinya siswa pergi berkemah selama 2 hari 1 malam di tempat berbeda tiap tahunnya. Inilah tempat aplikasi sesungguhnya para siswa untuk menggunakan life skill yang telah terlatih sehari-sari di sekolah, kedisiplinan yang ditanam, keberanian dan kepercayaan diri yang telah dibangun lewat pembelajaran out bound dan renang. Serta nilai-nilai ketuhanan dengan kesyukuran atas segala karunia selama ini yang Allah berikan, baik kenyamanan belajara dan kesempatan berpetualang di tiap tahunnya.
         3 bulan menjelang OTFA setiap siswa sudah dipersiapkan fisiknya, sebelum dibukanya kelas, para siswa berlari kecil mengelilingi sekolah yang tujuannya untuk mempersiapkan fisik terbiasa dengan kondisi jarak jauh agar anak dapat menjaga stamina serta mengatur pernafasan. Hal ini juga diikuti dengan kontrol anak untuk minum air putih yang bertujuan menjaga ushu tubuh dan cairan.
     2 bulan menjelang OTFA siswa akan diajarkan life survivel, mengingatkan kembali dan meningkatkan kemampuan untuk bertahan di alam terbuka, selama 2 tahun belakangan OTFA dilakukan di bumi perkemahan. Life survivel dari pemasangan tenda, packing barang dan perlengkapan, serta asupan dan tips-tips berpetualang lainnya.
       1 bulan menjelang OTFA siswa telah dibagi kelompok dan berkumpul serta kembali mengakrabkan diri dengan teman kelompoknya, biasanya komposisi campur antara kelas 1-5 dengan pembagian tim putra dan tim putri. Tidak heran siswa sekolah alam indonesia semua level kelas begitu akrabnya layak saudara bukan senioritas. Karena salah satu treatmentnya melalui kegiatan ini. Di waktu ini lah teman-teman mulai membuat nama kelompok, yel-yel, membuat bendera serta atur strategi untuk menjadi tim yang terbaik. Saat ini lah semua perlengkapan mulai di kemas dan di cek satu persatu dengan sistem penyaringan yang ketat. Semua barang harus sesuai dengan apa yang telah ditentukan berdasarkan tim panitia, jiak terdapat barang diluar yang ditentukan maka siswa harus membawanya kembali ke rumah. Tak lupa didampingi dengan guru pendamping kelompok yang berasal dari guru mulai dari level KB-SMP. Semua guru bersatu menyukseskan dengan demikian semua siswa tambah akrab dengan guru semua bidang dan level kelas.
      Tibalah hari yang dinantikan dengan pembukaan acara dan serah terima siswa kepada panitia acara dan tak lupa berpamitan kepada seluruh orang tua. Yang sangat membanggakan, siswa pergi dengan sikap yang sangat menggembirakan dan penuh semangat menghadapi petualangan yang berbeda tiap tahunnya dan tak akan terlupakan.
         Nantikan kisah petualangannya ^^V

0 comments:

Post a Comment

 
;