Friday 27 June 2014

OTFA 2014 KELOMPOK MUTIARA



Penasaran apa saja kegiatan OTFA 2014?
Telah menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan, tiba di tempat tujuan BUMI PERKEMAHAN KEMAMPO, SUMBAWA. Anak-anak bersiap merapikan perlengkapan di tenda yang telah disiapkan serta mulai persiapan untuk jelajah siang, melihat rute yang akan dilalui ketika malam tiba dan mendapatkan semua bendera kelompok yang telah ditancapkan. Setelah makan siang, jelajah siang pun dimulai. Mengingat tanda dan daerah, karena nantinya ada 2 jalur yang berbeda yang akan dilalui. Untuk siswa kelompok kelas kecil (SD 1-2) menempuh rute yang lebih pendek dibandingkan kelompok kelas besar. Jika salah rute, waktu pencarian bendera akan terasa lebih lama dan panjang. Tak lupa setoran yelyel...kelompok mutiara......

Sore hari ba’da ashar kita masuk ke games cermin, pipa bocor, dan jembatan manusia hingga magrib menjelang semua kelompok telah siap berjamaah dan makan malam. Setiap waktu shalat, semua berjamaah berbekal air wudhu secukupnya, anak-anak diajak untuk bertafakur, bersyukur, sembari mengaplikasi semua pelajaran hidup yang didapat dari sekolah. Bagaimana berhemat, bagaimana kebersamaan dan saling membantu dengan tidak melupakan kompetisi yang sedang terbangun tiap kelompok untuk menjadi kelompok terbaik.
Tibalah setelah isya‘ show time. Tiap kelompok menampilkan penampilannya mulai dari akrobat hingga puisi dan akting teruji. Tidak hanya peserta kelompok. Bahkan team guru: panitia VS pendamping kelompok ikut tampil. Dengan berakhirnya acara tampil maka malam ditutupdengan suara ranting yang patah dari sisa api unggun. Walau mata tak mau terpejam, bahkan suara belum habis, kita terpaksa istirahat karena jam 3 pagi semua harus siap menghadapi jelajah malam.
Gambar kiri-kanan: berbaris saat tiba diperkemahan, inilah tenda kelompok mutiara, melepas lelah dengan mencari jangkrik, kompetisi membuat tiang bendera kami pemenangnya yang tertinggi
Rasanya jelajah malam tak akan menjadi malam yang buruk. Karena secara mental anak-anak bersemangat dan sibuk mengingat tanda dan rute jalan yang dilalui siang tadi. Permasalahan. Tiba malam beraksi, penerang yang dibawa tak semuanya berfungsi. Ada batre yang habis, ada yang rusak hingga tidak bisa dipakai. Perlengkapan yang harus dipakai ketika jelajah malam ialah menggunakan  topi rimba, jas hujan, head lamp/alat penerang lainnya. Tentunya dengan sebotol air minum yang dibawa masing-masing dengan mengenakan sepatu boot.


Day camp, serupa tapi tak sama dengan OTFA. Day camp ini pesertanya siswa KB, TKA, dan TKB kegiatan meginap / camping di sekolah jika siswa KB dijemput jam 20.00 siswa TKA dan TKB dijemput pukul 08.00 esok harinya. Kegiatan menginap ini bertujuan untuk menilai sejauh mana penerapan akhlak mulia, leadership, dan berpikir ilmiah mereka bisa diaplikasikan secara nyata. Layaknya camping di alam terbuka persiapan camping sama seperti OTFA dalam tataran kemampuan siswa pre school. Kegiatan selain games, ada jelajah malam dan ditutup dengan api unggun. Semua life skill dan rasa tanggung jawab yang telah diajarkan akan dinilai dan menjadi bahan evaluasi.

0 comments:

Post a Comment

 
;