Sunday 27 October 2013

SERATUS RAHMAT ALLAH & KEUTAMAAN SHALAWAT



SERATUS RAHMAT ALLAH
                Dalam kitab tafsir al-Shafi dijelaskan bahwa Allah Swt memiliki seratus bagian rahmat (kasih sayang). Satu diantaranya diberikan kepada seluruh makhluknya di duania ini. Dengan satu bagian rahmat itulah, ayah mencintai anaknya, ibu mengasihi buah hatinya, kaum mukmin saling menyayangi satu sama lain, dan binatang saling mengasihi diantara sesame meraka.
                Adapun 99 bagian rahmat lainnya disembunyikan bagi Zat-Nya. Kelak, di hari kiamat, Allah akan mengasihi hamba-hamba-Nya dengan rahmat ini. Melalui sifat inilah, Allah memberikan derajat kenabian dan kerasuran kepada Nabi Musa as.  Allah mewahyukan kepada Nabi Musa as,”Tahukah engkau, mengapa aku mengangkatmu menjadi nabi?” Nabi Musa as menjawab,”Tuhanku, Engkau lebih (Maha) Tahu.”
                Kemudian diwahyukan kepada Nabi Musa as: “Iangatlah, suatu hari engkau pernah mengembalakan domba-domba di suatu tempat. Seekor domba lari dan berpisah dari gerombolannya. Engkau pun pergi mencarinya, hingga engkau menemukannya. Engkau tidak menyakiti domba itu dan berkata,’Hai binatang, engkau telah membuat lelah diriku dan dirimu sendiri.’ Dengan penuh kasih saying kau satukan kembali domba itu bersama gerombolannya. Lantas Aku melihat perhatian dan kasih sayangmu terhadap binatang itu, maka Aku menghantarkanmu mencapai derajat kenabian.”

                                                                               ***


KEUTAMAAN SHALAWAT
Rasulullah saw bersabda,”Ketika aku melakukan perjalanan ke langit, aku melihat malaikat yang memiliki sejuta tangan. Setiap tangan memiliki sejuta jari.”
Malaikat itu berkata,”Saya mengetaui jumlah tetesan hujan yang turun di gurun atau di lautan. Saya mengetahui jumlah tetesan hujan mulai dari pertama kali diciptakan sampai sekarang ini. Akan tetapi, ada sesuatu yang tak mampu menghitungya.”
Rasulullah saw bertanya,”Apa itu?”
Malaikat itu berkata, “Setiap kali umat anda berkumpul dan bersama-sama mengucapkan shalawat atas anda, maka saya tidak mampu menghitung pahala shalawat tersebut.” (Allahumma shalli ‘ala Muhammmad wa ali Muhammad)
Rasulullah saw menceritakan tentang salah satu tanda-tanda kebesaran Allah yang disaksikannya di malam Mikraj,”Aku melihat malaikat yang separuh tubuh salju dan separuh lainnya api. Malaikat ini senantiasa berkata, ‘Wahai Tuhan yang telah menyatukan api dan salju, satukanlah hati orang-orang yang beriman diantara mereka.’”

Sumber: Kisah-kisah Allah

0 comments:

Post a Comment

 
;